Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Kalau Smartphone Kau Tak Dapat Diisi Daya

       lingkuphape.blogspot.com, Apakah kalian pernah merasa baterai smartphone kau tidak dapat diiisi daya dengan baik? jikalau benar, jangan dulu berpikir bahwa charger yang rusak. menyerupai yang saya baca di tekno liputan6, ada beberapa cara yang dapat kita lakukan jikalau smartphone kau tidak dapat isi daya :





1. Bersihkan Debu di Lubang USB

        Terbiasa menyimpan smartphone di saku jaket atau celana? Jika iya, mungkin permasalahan yang kau hadapi yakni kotoran atau bubuk yang melekat di lubang USB. Untuk itu, coba bersihkan bubuk yang melekat di lubang USB dengan hati-hati. Salah satu caranya yakni dengan meniup perlahan lubang USB biar bubuk dapat hilang atau dengan memakai kapas untuk membersihkannya.

Foto: Liputan6.com/Iskandar




2. Tukar Kabel USB

      Salah satu cuilan yang paling rentan yakni kabel, misalnya kabel USB milik Apple yang diketahui gampang rusak. Jika smartphone kau tak dapat diisi daya, coba lihat kondisi kabel yang kau miliki. Jika terlihat sudah lama dan ingin putus, kau dapat menukar kabel USB yang kau gunakan dengan kabel USB lain. Jika ternyata kabel USB gres ini dapat mengisi daya pada smartphone maka permasalahan ada di kabel USB yang kau pakai.




3. Cek Kepala Charger

       Selain kabel USB, hal lain yang perlu dicek dikala smartphone kau tak dapat diisi dayanya yakni kepala charger atau adaptornya, terutama pada kepala charger yang dihubungkan dengan kabel USB. Ketika kepala charger gres dapat mengisi daya smartphone-mu, dapat dipastikan permasalahan ada pada adaptor lama kau yang mungkin sudah rusak atau tak terhubung dengan baik ke stop kontak.





4. Ganti Baterai

     Perlu diketahui bahwa baterai smartphone mempunyai daya pakai yang berbeda-beda. Setelah dipakai selama beberapa tahun, ada kemungkinan baterai smartphone mengalami kerusakan. Untuk itu, sehabis langkah di atas tak membuahkan hasil, cobalah lakukan penggantian baterai smartphone kamu. Baterai sendiri biasanya mempunyai masa garansi selama 6 bulan. Nah, jikalau kau merasa telah memakai baterai tersebut selama 2 tahun, mungkin memang sudah wakunya mengganti baterai. pastikan kalian membeli baterai yang original, biar ketahanannya lebih lama.


Foto : jurnalweb

5. Pindah ke Stop Kontak Lain

           Jika semua cara di atas ternyata tak berhasil, mungkin kesalahan ada pada stop kontak atau sumber energi yang kau gunakan. Bisa jadi stop kontak yang kau pakai tak teraliri listrik atau rusak. Karenanya, coba menguji apakah stop kontak berfungsi dengan baik, cobalah untuk menghubungkan kabel USB dan mengisi daya di stop kontak lainnya. Jika pengisian daya berjalan, kemungkinan stop kontak tersebut yang tak terhubung dengan sumber listrik atau mengalami kerusakan.


Foto :RaymusMunt/YouTube via Tech InsiderJadi, 


     Nah, jadi jangan eksklusif panik dan berpikiran smartphone kau rusak ya kalau tiba-tiba tak dapat diisi dayanya. Bisa jadi, hal-hal di ataslah penyebabnya. mungkin hanya itu pembahasan dari saya perihal tips jikalau smartphone yang tak dapat di isi daya.