Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sistem Isu Berbasis Komputer

Telah diketahui bahwa isu merupakan salah satu sumber daya yang sangat dibutuhkan bagi administrasi dalam pengambilan keputusan. Untuk menerima isu tersebut perlu adanya sebuah sistem yang mengolah data menjadi sebuah isu yang berharga. Sistem tersebut disebut dengan information processing system atau lebih dikenal dengan sistem isu (Information System).

Sistem isu sanggup dibedakan menjadi dua, yakni sistem isu manual dan sistem isu berbasis komputer atau lebih dikenal Computer Based Informations System (CBIS). Dalam perkembangannya, sistem isu berbasis komputer dikenal dengan sebutan sistem isu saja.
Telah diketahui bahwa isu merupakan salah satu sumber daya yang sangat dibutuhkan ba Sistem Informasi Berbasis Komputer

Sistem isu berbasis komputer (CBIS) merupakan suatu sistem pengolahan data menjadi isu dengan memakai alat bantu pengambilan keputusan. Sistem isu berbasis komputer mengandung arti bahwa komputer memiliki peranan yang sangat penting dalam sebuah sistem informasi. Walaupun dalam teori tidak semua sistem isu harus memakai komputer, tetapi kenyataannya dalam mengelola sistem isu yang kompleks tidak akan lepas dari istilah komputer.

Sistem yang hanya menangani satu proses transformasi data menjadi isu saja sanggup dikatakan sebagai sistem informasi. Misalnya, sistem tersebut hanya dipakai untuk mencatat transaksi penjualan dan hanya melibatkan satu pengguna serta hanya memakai satu komputer. Dengan kata lain sistem isu tidak harus kompleks.