Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sistem Warta Sumber Daya Manusia

Sumber daya insan (SDM) merupakan komponen penting dari organisasi. Keberhasilan suatu organisasi biasanya ditentukan oleh kualitas SDM yang dimiliki. Untuk itu perlu adanya administrasi terhadap sumber daya insan tersebut. Secara umum, administrasi sumber daya insan bertujuan untuk memakai sumber daya insan yang efektif dan efisien.

Setiap perusahaan mempunyai sistem yang dipakai untuk mendukung administrasi sumber daya insan menyerupai perekrutan karyawan, penilaian karyawan, penempatan karyawan dan pengembangan karyawan dengan pengolahan terhada data-data karyawan serta menghasilkan gosip kepada pemakai. Sistem tersebut dikenal dengan sistem gosip sumber daya insan (SISDM) atau HRIS (Human Resource Information System).

HRIS mempunyai enam sumsistem output yang masing-masing mempunyai aplikasi tersendiri. Subsistem output tersebut yaitu sistem perancangan angkatan kerja, perekrutan, administrasi angkatan kerja, kompensasi, penggajian, dan pelaporan (McLeod, 1995).
 merupakan komponen penting dari organisasi Sistem Informasi Sumber Daya Manusia

- Perencanaan Angkatan kerja
Sistem perencanaan angkatan kerja dipakai untuk mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan sumber daya insan di masa mendatang. Tanpa adanya perencanaan terhadap sumber daya insan yang efektif, sanggup berdampak jelek bagi organisasi. Organisasi tidak mengetahui kualitas sumber daya insan yang diharapkan dan honor yang sesuai dengan kualifikasi kebutuhan organisasi.

- Perekrutan
Sistem perekrutan dipakai untuk menangani kegiatan perekrutan di dalam perusahaan. Perekrutan merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menarik orang-orang dalam kualifikasi yang dibutuhkan organisasi dengan melaksanakan penyeleksian terhadap orang-orang tersebut. Kemudian, organisasi melaksanakan penilaian dengan melaksanakan penelusuran terhadap pelamar kerja sebelum mereka dipekerjakan.

- Manajemen angkatan kerja
Sistem administrasi angkatan kerja meliputi penilaian kinerja karyawan, pembinaan pengendalian posisi, penempatan, suksesi, dan pendisiplinan karyawan.

- Kompensasi Penggajian
Sistem kompensasi meliputi peningkatan penghargaan terhadap karyawan, gaji, kompensasi eksekutif, insentif bonus, dan kehadiran karywan. Semua modul tersebut beerja sama untuk mendapat sumber daya yang berkualitas di dalam organisasi.

- Benefit
Didalam sistem benefit, terdapat modul defined contribution dan defined benifit yang memungkinkan seorang karyawan sanggup mengakumulasikan dana pensiunan untuk mencapai standart hidup tertentu. Di dalam sistem benefit, biasanya juga tersedia modul flexible benefit plans yang memungkinkan seorang karyawan sanggup memilih sendiri jumlan benefit yang diinginkan.

Pelaporan
Sistem pelaporan ini bertujuan untuk menghasilkan laporan mengenai kebijakan-kebijakan departemen personalia kepada pemerintah.
HRIS
+ Sistem Perencanaan angkatan kerja + Sistem prekrutan + SIstem pelaporan +Sistem Manajemen angkatan kerja + Sistem kompensasi + sistem benefit.

Demikian artikel dari kami perihal sistem gosip sumber daya manusia.

Sumber: Buku Sistem Informasi Konsep & Aplikasi
Penulis: Agus Mulyanto