Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial Wacana Internet, Intranet Dan Ekstranet

Perkembangan internet telah membawa perubahan signifikan dalam teknologi informasi, hal ini terlihat positif dengan hadirnya aplikasi-aplikasi berbasis web yang bisa mempermudah pengguna internet untuk melaksanakan komunikasi data dengan pengguna lain. Jika sebelumnya komunikasi dilakukan secara sederhana, ketika ini komunikasi sanggup dilakukan secara efektif dan efisien.

Pemanfaatan internet semakin meluas seiring dengan banyaknya bisnis, organisasi, komputer dan jaringan jaringan yang tergabung dalam web global dengan memakai jaringan ini, sebuah organisasi sanggup melaksanakan pertukaran informasi internal maupun informasi eksternal dengan organisasi lain. Secara khusus, internet tidak mempunyai sistem komputer pusat. Pesan yang dikirim mempunyai isyarat khusus yang akan memudahkan server internet untuk melaksanakan pengiriman sesuai tujuannya.

Internet atau international network merupakan rangkaian jaringan terbesar di dunia di mana semua jaringan yang berada pada semua organisasi dihubungkan dengan suatu jaringan terbesar sehingga sanggup saling berkomunikasi. Dalam Jaringan tersebut mungkin melibatkan LAN, MAN, dan WAN yang ada di seluruh dunia.
Perkembangan internet telah membawa perubahan signifikan dalam teknologi informasi Tutorial Tentang Internet, Intranet dan Ekstranet

Untuk sanggup memakai layanan internet, organisasi atau perusahaan harus terhubung dengan jaringan internet atau dengan menjadi pelanggan ISP (Internet service Provider). ISP ialah organisasi komersial yang bergerak dalam penyediaan jasa kanal internet.

TCP/ID

Pada dsarnya, komputer komputer terhubunga jaringan merupakan komputer beragam, baik jenis dari pabriknya maupun sistem operasi yang menjalankannya. Untuk itu diharapkan sebuah bahasa standar untuk sanggup dipakai komputer tersebut saling berkomunikasi. Bhasa sanggup berupa protokol TCP/IP (Transmision, Control Protocol/Internet Protocol) yang dipakai untuk berkomunikasi. TCP/IP sanggup terdiri dari lima lapisan (Layer) yang sanggup dihubungkan dengan arsitektur OSI (Open System Interconnection).

TCP merupakan protocol yang berada pada layer transprot yang menyediakan layanan terhadap komputer komputer yang terhubung. Layanan yang pertama dikenal dengan connection oriented, yaitu melaksanakan pembentukan koneksi antar dua aplikasi yang akan berkomunikasi memakai TCP. Layanan kedua disebut dengan reliable, yaitu mendeteksi ada atau tidaknya kesalahan paket dan transmisi data. Sedangkan layanan yang terakhir ialah byte stream service, yaitu memastikan bahwa paket yang dikirim telah hingga kepada komputer tujuan. IP akan mengolah data yang berasal dari data layer dan lalu membungkus pengiriman data dalam paket dengan alamat pengirim dan tujuannya.

Komputer2 tersebut harus mempunyai identitas IP biar bisa mengenali komputer tersebut. Identitas ini dikenal dengan IP address atau alamat IP yang berupa empat bagian. Masing-masing bab terdiri dari 8 bit artinya nilainya berupa angka 0-255. Bagian-bagian tersebut dipisahkan dengan tanda titik. Contohnya, 192.168.1.1.

DNS
DNS (Domain Name Server) Merupakan hal yang sangat penting. Dengan adanya DNS, pengguna internet tidak lagi disusahkan untuk mengingat alamat IP. Pengguna Internet niscaya lebih gampang mengingat daripada mengingat alamat IP, misal  202.67.46.212 merupakan alamat IP google, kita dengan gampang hanya mengetik google.com. Untuk melihat alamat IP berapa bisa memakai CMD pada windows dengan mengetikan ping google.com, maka akan keluar alamat IP google. Sehingga sanggup kita definisikan DNS ialah sebuah layanan di Internet yang menerjemahkan dari sebuah domain ke alamat IP. DNS akan memetakan nama host menjadi alamat IP. DNS sangat gampang dipakai alasannya pengguna tidak lagi repot untuk mengingat alamat IP pada komputer, tetapi cukup mengingat nama domainnya saja.

source: Buku Informasi dan Konsep & Aplikasi
Karya: Agus Mulyanto