Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menentukan Ram Yang Cocok Untuk Laptop

Hello sobat tekno-hp, sudah usang sekali blog ini tidak terupdate. Tanpa basa bau terlalu lama, pribadi saja. RAM itu apa sih ram merupakan hal yang penting bagi laptop, alasannya yakni tidak ada ram maka laptop tidak akan jalan. Ram berfungsi sebagai memory untuk menyimpan data laptop sementara, setalah laptop dimatikan maka ram tidak bekerja. Semakin besar kapasitas ram, maka semakin lancar laptop dalam menjalankan program, misal menjalankan jadwal browser chrome membutuhkan memori 700mb, sedangkan ram yang dipake 4gb maka akan tersisa 4gb-700mb jadi 3,3gb, tapi misal ram yang dipake 4gb biasanya sistem akan menggunakan memori sekitar 500mb, jadi ram yang dapat dipakai 3,5gb.
 sudah usang sekali blog ini tidak terupdate Cara Memilih Ram Yang Cocok Untuk Laptop

Bayangkan saja bila aplikasi yang sobat jalankan banyak maka akan mengakibatkan lemot/hang pada laptop. Untuk mengatasi semacam ini diharapkan upgrade ram, tapi sebelum upgrade sobat juga harus tau spesifikasi ram apa yang dipake. Langsung saja aku akan menawarkan tips sebelum sobat ganti ram. Berikut tipsnya:

1. Karena ram yang akan diupgrade ram laptop maka jenis ram yang dipake SODIMM ya, khusus untuk laptop. Makara lihatlah apakah ram tersebut sodimm atau bukan.

2. Jenis DDR: Jenis ddr apa yang dipake ram laptop, dapat dicek terlebih dahulu di situs resmi laptop yang sobat gunakan, atau dapat pribadi dicek lewat applikasi..

3. Setelah mengetahui jenis ddr ram, lihat juga kecepatan laptop kamu, jangan salah ya, kalau ram yang dipake ddr4 tapi kau salah beli dan berbeda dengan ram ddr4 kau maka ram tidak dapat dipake, percuma donk ya,, makanya lihat dulu kecepatan ram yang dipake, dapat dicek di task manager-performance untuk windows 10, terlihat speed ram dibagian kanan bawah.

4. Udah dicek semua menyerupai jenis ram, speed kali ini kau harus cek juga berapa maksimal ram yang dapat dipake, dan channel/slot ram ada berapa, misal beli ram ddr4 8gb ada 2 slot ram, maka ram sebelumnya dapat dipake satu untuk ram 4gb yang usang dan satu untuk 8gb yang gres dibeli jadi total ram 12gb, misal ram per slot maksimal 8gb dan maksimal untuk laptop kau 16gb, kau jangan beli ram 16gb, jadi beli 2x 8gb. Karena misal 16gb dipasang 1 slot tetap saja yang terbaca di laptop kau hanya 8gb.

5. Sebelum membeli ram jangan lupa tanyakan ke seller apakah cocok dengan laptop kau atau tidak, dan pastinya kau juga sudah cek sendiri dengan cara di atas.

Untuk brand ram sendiri ada banyak pilihan ada samsung, vgen dll, tinggal pilih saja, kemarin aku beli ram v-gen ddr4 8gb harga 500rb an. Jika kau sudah beli ram saran aja ya, pasang sendiri, gampang ko pasang ram, tinggal lihat youtube ntar ada caranya. Lumayan hemat juga kan kalau dipasangin ke service center dapat bayar 50-100rb.

Beli ram dapat di marketplace bukalapak, tokopedia, shopee atau lainnya. Demikian cara menentukan ram yang cocok untuk laptop, biar bermanfaat..