Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Masalah Keamanan Dalam Sistem Informasi

Keamanan dalam sistem warta merupakan sesuatu yang sangat penting. Keamanan yang dimaksud artikel di sini untuk menjaga suatu sistem dari ganguan dan ancaman dari luar. Gangguan dan ancaman yang sanggup mengancam sistem warta terbagi menjadi dua jenis, yaitu ancaman yang bersifat pasif dan ancaman dan gangguan yang berasal dari insiden alam yang tidak disengaja. Misalnya tragedi alam, gangguan politik, dan kesalahan-kesalahan yang tidak disengaja oleh manusia, menyerupai kesalahan kesalahan input data, dan lain sebagainya. Sedangkan ancaman yang bersifat aktif yakni ancaman yang dilakukan oleh insan dengan tujuan merusak atau menciptakan sistem menjadi terhambat tidak jalan dengan semestinya. Misalnya kecurangan dan kejahatan dunia maya.

Bencana alam merupakan ancaman yang tidk terduga dan tidak sanggup dihindari. Biasanya petaka ini sanggup mengancam keseluruhan sistem yang ada. Banjir, kebakaran, gempa bumi, dan angin ribut topan sanggup menghancurkan sumber daya pendukung sistem warta dalam waktu singkat.

Selain itu, kesalahan yang ditimbulkan alasannya operator yang lalai dalam menginputkan data, melaksanakan pengeditan data dan abolisi data merupakan problem yang tidak sanggup dipandang sebelah mata. Kesalahan tersebut sangat krusial bagi keakurasian warta yang dihasilkan oleh sistem. Dan tentu saja hal ini sanggup memengaruhi kualitas keputusan yang dihasilkan.

 Keamanan yang dimaksud artikel di sini untuk menjaga suatu sistem dari ganguan dan ancama Masalah Keamanan Dalam Sistem Informasi


Ancaman yang bersifat pasif lainnya yakni kegagalan sistem. Kegagalan sistem yang dimaksud yakni tidak sanggup berjalan dengan tujuan semula. Hal ini sanggup diakibatkan oleh gangguan listrik, kerusakan perangkat keras dan perangkat lunak, transaksi yang kurang lengkap, dan lain-lain.

Ancaman terhadap sistem warta yang paling berbahaya yakni kejahatan komputer dilakukan dunia maya. Sistem warta menjadi hal yang sangat rawan terhadap kejahatan yang terjadi di dunia maya tersebut. Kejahatan dunia maya yakni ancaman yang berkembang di dalam masyarakat yang diakibatkan oleh tindakan yang tidak bertanggung jawab dari para individual yang mengambil laba dari pemanfaatan komputer dan teknologi warta lainnya tanpa memerhatikan pihak-pihak yang dirugikan. 

Sumber: Buku Sistem Informasi dan Konsep Aplikasi
Penulis: Agus Mulyanto