Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengelolaan Sumber Data

Data merupakan sumber daya organisasi yang perlu dikelola. Sumber atau tidaknya sanggup dilihat dari kualitas data yang dikelola beserta pengelolaan data itu sendiri. Itulah yang menjadi alasan mengapa membuatkan organisasi atau perusahaan perlu mengelola sumber daya data yang baik. Salah satunya dengan melaksanakan administrasi sumber daya data.

Manajemen sumber daya data merupakan acara manajerial yang mengaplikasikan teknologi isu ibarat administrasi database, data warehouse, dan lainnya untuk mengelola sumber daya data supaya sanggup memenuhi kebutuhan isu kepada pihak-pihak yang berkepentingan dengan bisnis mereka.
 sumber daya organisasi yang perlu dikelola Pengelolaan Sumber Data

Data terdiri dari beberapa elemen logis yang menyusun data yaitu karakter, field, record, file dan database.
- Karakter
Karakter merupakan elemen terkecil yang menyusun suatu data. Karakter terdiri dari sebuah huruf, angka, atau simbol lainnya.
- Field
Field merupakan elemen data yang terdiri dari beberapa karakter yang saling berhubungan. Secara khusus, sebuah field mewakili sebuah atribut atau karakteristik sebuah field yang nama field (field name), tipe field (field type) atau representasi dari field (field represntation), dan nilai dari sebuah field (field value)
-Record
Record yakni kumpulan dari beberapa field yang saling berhubungan. Record menggambarkan suatu unit data individu yang tertentu.
- File
File merupakan kumpulan record yang saling berhubungan. File sering disebut dengan tabel. File menggambarkan satu kesatuan data yang sejinis. File biasanya diklasifikasikan menurut aplikasi yang menggunakannya atau jenis data yang ada di dalamnya.
- Database
Database yakni kumpulan dari elemen data yang saling berhubungan. Sistem database merupakan sistem terkomputerisasi yang bertujuan untuk memelihara informasi, serta menimbulkan isu tersebut tersedia pada ketika diperlukan.

sumber: Buku Sistem Informasi Konsep dan aplikasi
karya: Agus Mulyanto